Minggu, 07 Februari 2016

9 FAKTA TENTANG NYAMUK


  
Saat ini musim sedang tidak stabil. Itulah mengapa pertumbuhan nyamuk begitu sangat tinggi. Oleh sebab itu, penting bagi Kita mengetahui beberapa hal tentang nyamuk yang begitu jarang diketahui oleh orang-orang awam. Berikut beberapa fakta tentang nyamuk yang dibeberkan oleh Leslie Vosshall, seorang neurobiologi yang telah mempelajari banyak hal tentang nyamuk di Laboratory of Neurogenetics and Behavior di Rockefeller University.

  1. Hanya nyamuk betina yang menggigit dan menghisap darah secara konsisten
Nyamuk betina menggigit dan mengambil darah Kita bukan untuk makanan Mereka sendiri. Nyamuk betina menggunakan darah sebagian besar untuk telur (calon nyamuk). Oleh sebab itu, nyamuk betina dapat hidup di lingkungan alam terbuka hanya dengan menghisap gula dan nektar dari tanaman. Namun karena tidak menghisap darah, Mereka tidak bertelur. Jadi setiap gigitan nyamuk ke tubuh kita membuat Mereka melahirkan 100 nyamuk baru.

  1. Tidak ada makanan yang dapat membuat Anda lebih ataupun kurang diinginkan oleh nyamuk.
Itu hanya mitos. Namun juga bisa saja benar meskipun belum ada bukti ilmiah.
  1. Nyamuk juga dapat mengigit binatang
Aedes aegypti adalah jenis nyamuk yang menyebarkan dengue, demam kuning serta chikungunya. Manakala nyamuk tersebut tidak bisa mengigit manusia, Mereka akan mulai mengigit mamalia lain. Bahkan ada jenis nyamuk yang mengigit hewan peliharaan, burung dan hewan ternak.
  1. Jika Anda menyangka nyamuk lebih suka darah yang memiliki “rasa manis”, maka itu mungkin benar.
Memang hal ini datang dari cerita rakyat belaka. Namun konsep glukosa dalam darah yang membuat seseorang lebih menarik di mata nyamuk itu benar.
  1. Jika nyamuk sulit mengigit Anda, Mereka akan menusuk pakaian.
Benar sekali, nyamuk bisa menusuk bahkan pakaian denim sekalipun.
  1. Seseorang dapat kebal terhadap gigitan nyamuk
Terlalu sering kulit digigit oleh nyamuk dapat membuat kulit tersebut kebal. Itu mengapa, jika Anda digigit beberapa kali dalam beberapa hari, pada hari berikutnya Anda tidak akan digigit atau Anda digigit namun tidak meninggalkan bekas apa-apa.
  1. Gatal setelah digigit nyamuk berasal dari ludah nyamuk betina
Nyamuk betina membutuhkan beberapa waktu untuk mengisi penuh tubuhnya dengan darah Anda. Itu mengapa nyamuk tercipta dengan senjata berupa ludah. Nantinya ludah tersebut akan memicu reaksi kekebalan gatal di kulit Anda. Di dalamnya terdapat antikoagulan yang mengalir pada darah, sehingga menyebabkan bius lokal. Itu membuat gigitan nyamuk tidak akan Anda rasakan. Namun manakala jarumnya telah dicabut, barulah orang yang digigit akan merasa gatal.

  1. Nyamuk memiliki banyak manfaat.
Terutama sebagai makanan bagi kelelawar, burung, ikan dan katak. Selain itu nyamuk juga dapat membantu penyerbukan tanaman kecil.
  1. Spesies nyamuk yang paling mematikan adalah Anopheles gambiae.
Penyakit karena nyamuk Anopheles gambiae biasa disebut dengan nama malaria. Selain itu ada pula Aedes aegypti, yang meski lebih rendah kedudukannya namun belum ada vaksin ataupun obat yang dapat menyembuhkan penyakit akibat nyamuk ini yang biasa Kita kenal dengan nama demam berdarah dan chikungunya.

Sebenarnya masih banyak lagi fakta "lain" dan keajaiban tentang nyamuk yang akan di bahas pada artikel berikutnya....;-)
Terima Kasih



0 komentar:

Posting Komentar

Blog ini hanya sebagai sarana berbagi informasi.
Mohon komentari dengan kritik dan saran yang sopan dan bijak.
Terima Kasih