Jumat, 02 September 2016

WUJUDKAN KOMITMEN STOP BABS DENGAN ARISAN JAMBAN



Sanitasi Total Berbasis Masyarakat atau yang sering di singkat dengan STBM pertama kali dikenalkan di Kabupaten Kepulauan Meranti melalui Pamsimas II pada tahun 2014. Merujuk kepada visi dan misi pemerintah melalui Kementerian Kesehatan dalam Peraturan Menteri Kesehatan No. 3 Tahun 2014, Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti juga mengeluarkan peraturan dalam bentuk Peraturan Bupati Kepulauan Meranti No. 3 Tahun 2015 Tentang Pelaksanaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti dan Instruksi Bupati Kepulauan Meranti NOMOR : 01 /INT-HK/IV/2016 Dalam Rangka Pelaksanaan Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Untuk Percepatan Pencapaian Target Sustainable Development Goals (SDGs) dan Universal Akses Tahun 2019.

Semangat Pemerintah Daerah Kepulauan Meranti ini memberikan dampak positif bagi seluruh desa yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti. Hal ini dibuktikan dengan telah adanya lima desa yang telah di verifikasi sebagai desa STOP Buang Air Besar Sembarangan, yang hingga saat ini terus dikembangkan agar dapat menjadi desa STBM.
Selain upaya percepatan peningkatan akses sanitasi yang di respon positif oleh masyarakat, hal menarik lain adalah adanya upaya kreatif dari masyarakat untuk meningkatkan akses sanitasi sehat seperti yang telah dilakukan oleh kelompok masyarakat Suku Akit di Desa Tenan.





Desa Tenan yang berada di wilayah Kecamatan Tebing Tinggi Barat berada dalam wilayah binaan UPT. Puskesmas Alai. Melalui sanitarian terlatih yakni ibu Susanti,Amk telah berhasil memberdayakan masyarakat Suku Akit untuk mau secara mandiri membiayai pengadaan jamban sehat di lingkungan mereka dengan menerapkan metode “Arisan Jamban”. Metode ini mengharuskan setiap orang yang terlibat agar konsisten dan komitmen untuk membayar iuran secara rutin. Telah dibangun satu buah jamban hasil dari “Arisan Jamban” tersebut yang diresmikan secara langsung oleh Camat Tebing tinggi Barat dan pada akhir Agustus 2016 akan dilakukan penarikan undian pembangunan jamban selanjutnya.


Sumber : PMKL Dinkes Kab.Kep.Meranti 2016

0 komentar:

Posting Komentar

Blog ini hanya sebagai sarana berbagi informasi.
Mohon komentari dengan kritik dan saran yang sopan dan bijak.
Terima Kasih