Selasa, 26 Januari 2016

Kenapa Harus Fogging ??

>>>>Hahaaha...kenapa sih harus Ballotelli ? Tanyakan saja pada rumput yang bergoyang ?!
 Gak lah...canda

Serius!! Kenapa ?? Baca aja ini ......!!

      Fogging pada awalnya adalah salah satu tindakan untuk membunuh nyamuk Aedes aegypti, dengan menggunakan bahan kimia yang berfungsi sebagai insektisida bernama Malathion yang kadang dicampur dengan minyak tanah, diharapkan dapat membunuh nyamuk pembawa virus demam berdarah ini. Tapi Malathion hanya dapat membunuh nyamuk dewasa saja , dan seperti daur hidupnya, jentik/ telur nyamuk ini dalam waktu 6-8 jam akan berubah menjadi nyamuk dewasa. Efektifkah tindakan fogging tadi ? Tentu TIDAK.
       Sekarang kita bicara tentang Malathion, suatu insectisida yang biasa digunakan sebagai bahan untuk fogging. Malathion mempunyai nama kimia Dimethoxy Phosphino Thioyl Thio Butanedioic Acid Diethyl Ester (ga perlu dihafal). Bahan kimia ini telah diteliti di dua universitas di Amerika yaitu University of Florida dan University of South Florida. Dari penelitian ini setidaknya ada tiga belas macam akibat yang ditimbulkan Malathion kepada manusia. Belum lagi efek Malathion kepada hewan dan tumbuhan yang terkena.
      Pada tahun 1976 di Pakistan, pernah dilakukan fogging massal untuk memberantas malaria. Akibat fogging tersebut dilaporkan lima orang meninggal dan 2800 orang keracunan. Dari Jurnal Epidemiolgy tahun 1992 juga diteliti mengenai hubungan antara paparan Malathion dengan kejadian kelainan gastrointestinal (saluran cerna), dan ternyata ditemukan bahwa wanita hamil yang terpapar malathion mempunyai risiko 2,5 kali lebih besar anaknya menderita kelainan gastrointestinal.
    Masalah lain yang juga pernah diteliti adalah paparan terhadap malathion ini mengakibatkan Leukemia pada anak-anak, Aplastik anemia, Gagal ginjal, Defek pada bayi baru lahir, kerusakan gen dan kromosom, kerusakan paru dan penurunan sistem kekebalan tubuh.
Malathion juga diduga mempunyai peran terhadap 28 gangguan, mulai dari gangguan gerakan sperma hingga kejadian hiperaktif pada anak. Meskipun pihak pembuat bahan ini telah melakukan uji keamanan, kita harus semakin menyadari bahwa ada risiko-risiko yang akan kita tanggung apabila terpapar bahan tersebut. Untuk lebih jelas mengenai bahaya malathion dapat mengunjungi situs http://www.chem-tox.com/malathion/ . Di situs ini dapat kita lihat betapa berbahayanya penggunaan Malathion dalam penggunaan sehari-hari.
       Upaya 3M plus masih jauh lebih baik daripada sekedar melakukan fogging yang kadang-kadang juga dilakukan hanya untuk menyenangkan masyarakat tanpa mendidik masyarakat akan bahayanya.
Semoga bermanfaat.
Sumber : https://gudanginspirasi.wordpress.com/2009/03/22/jangan-minta-fogging-berbahaya/#comment-926 

0 komentar:

Posting Komentar

Blog ini hanya sebagai sarana berbagi informasi.
Mohon komentari dengan kritik dan saran yang sopan dan bijak.
Terima Kasih